Salah satu hal yang paling berharga dalam hidup ini adalah ilmu. Ilmu ibarat cahaya penerang. Ilmu laksana kekuatan penjaga, yang menjaga kehidupan kita. Ilmu yang membuat diri kita sanggup membumbung tinggi ke langit.
Dari sekian kategori ilmu, yang patut untuk kita renungkan apakah kita sudah memilikinya atau belum adalah apa yang disebut dengan ilmu sejati. Ilmu ini berkaitan dengan intisari dari hidup kita; ia menjadi penerang bagi mereka yang ingin mengecap kehidupan sejati. Ia juga penuntun jalan untuk menemukan yang Sejati dari Hidup ini.
Apa yang disebut dengan ilmu sejati? Siapakah yang berhak atas ilmu sejati itu? Teks-teks dalam Serat Wedhatama membabarkannya secara gamblang:
Iku kaki takokena, marang para sarjana kang martapi, mring tapaking tepa tulus, kawawa nahen hawa, wruhanira mungguh sanyataning ngelmu, tan mesthi neng jeneng wredha, tuwin mudha sudra kaki.
(Anakku, tanyakan hal itu, kepada para sarjana yang berpengalaman, yang hatinya sudah menunjukkan ketulusan, dan sudah berhasil menahan hawa nafsu. Ketahuilah sesungguhnya ilmu sejati itu tak hanya bisa dimiliki orang tua, tetapi juga bisa dimiliki kaum muda, bahkan sudra)
Sapatuk wahyuning Allah, ya dumilah mangulah ngelmu bangit, bangkit mikat reh mangukut, kukutaning jiwangga, yen mengkono kena sinebut wong sepuh, lire sepuh sepi hawa, awas roroning atunggil.
(Siapapun yang menerima wahyu Ilahi, lalu dapat mencerna dan menguasai ilmu, mampu menguasai ilmu kesempurnaan, yaitu kesempurnaan pribadi, orang yang demikian itu pantas disebut sebagai orang tua, orang yang sudah tidak lagi dikuasai hawa nafsu, dapat menghayati manunggalnya dua keberadaan).
Prinsipnya, ilmu sejati bisa diraih oleh setiap orang yang menghasratinya, tidak muda tidak tua, bangsawan ataupun orang biasa, yang berprofesi sebagai intelektual maupun seorang petani. Dan pertanda keberadaan ilmu ini pada seseorang adalah ketika ia telah menjadi pribadi yang hawa nafsunya sudah tunduk, dan ia menghayati keberadaan dirinya tak lebih sekadar cermin dari Yang Maha Ada. Pemilik ilmu sejati menghayati sepenuhnya makna keberadaan Yang Maha Tunggal dan keberadaan diri kita yang diliputi-Nya, bahwa sesungguhnya Aku ana ing sajroning ingsun, ingsun ana ing sajroning Aku.
Para pemilik sejati adalah sosok yang telah mengenal dirinya karena itu ia juga mengenal Tuhannya. Ia tak lagi silau oleh penampilan luar, juga tak terjebak oleh sesuatu yang artifisial, yang serba kulit. Agama baginya bukan lagi identitas kelompok yang dibangga-banggakan, tetapi lebih sebagai jalan pribadi, jalan sunyi, menuju Ia yang Maha Misteri. Kerendahan hati mewarnai hatinya..karena ia sadar bahwa dirinya tak lebih dari setitik debu dalam lingkup semesta yang luasnya tak terbatas. Tapi pada saat yang sama, kepercayaan diri atau keyakinan akan kemuliaan diri, meresap kuat, karena ia sadar bahwa di dalam dirinya, sebagaimana juga di dalam setiap pribadi, bersemayam secercah Cahaya Yang Maha Ada.
Dan bagaimana cara meraih ilmu sejati? Kita simak teks lain dalam Serat Wedhatama berikut ini:
Ngelmu iku Kalakone kanthi laku Lekase lawan kas Tegese kas nyantosani Setya budaya pangekese dur angkara
(Ilmu (hakekat) itu diraih dengan cara menghayati dalam setiap perbuatan, dimulai dengan kemauan. Artinya, kemauan membangun kesejahteraan terhadap sesama, Teguh membudi daya Menaklukkan semua angkara.)
Ilmu sejati diraih melalui rangkaian tindakan demi tindakan kebajikan, pengalaman demi pengalaman. Ia merupakan anugerah Sang Sumber Illmu, kepada siapapun yang dalam hidupnya, pelayanan kepada sesama menjadi prioritas utama. Ia adalah berkah bagi mereka yang hidupnya didedikasikan bagi kebahagiaan sesama.
Lebih jauh, ilmu sejati diraih dengan jalan lebih dahulu menaklukkan Sang Ego, meleburkan diri ke dalam keberadaan Yang Maha Ada.
Terakhir, apa yang menjadi bukti bahwa seseorang itu memiliki ilmu sejati, bahwa ilmu yang dimilki seseorang itu adalah sejatinya ilmu?
Tentu saja bukan kepandaian berbicara dan cakupan wawasan yang luas, tetapi lebih pada soal kemampuan untuk selalu hening, damai, penuh kasih. Pemilik ilmu sejati, mereka yang ilmunya adalah sejatinya ilmu, menjadi penebar damai di kala dunia dalam kekisruhan, penebar kasih di kala dunia tenggelam dalam kebencian, penebar kesembuhan bagi mereka yang terluka, pembawa cahaya di kala orang senang berada dalam kegelapan.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
ilmu yg baik adlh ilmun.a paranabi yaitu ilmn.a allah,ilmu adlh snjtan.a ornx islam n ilmu tu hn.a untk kbikn dn untk memerangi msh kita yaitu(setan).
ReplyDeletewaduuuh ketinggalan nih............waskne iki dadi wong jowo sing gak weruh jowone.............hehehehehehe
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteilmu ini bila dipelajari dan di pahami bisa bermanfaat utk sesama umat manusia
ReplyDeletehttp://falsafahkurniandiko.blogspot.com
ReplyDeletebarang siapa yg sdh mengenal betul2 akan tuhanya niscaya leburlah dirinya/musnahlah/lenyaplah dirinya, maka tinggal tuhan sendirinya yg ada.
ReplyDeleteheeee kata mbah saya dari kosong kembali ke kosong,hilang nafsunya..
ReplyDeleteGAK SEMBARANG ORANG BISA., TIRAKAT,PUASA,. DOA., YANG DI UTAMAKAN
ReplyDeletemmmmm
ReplyDeleteislam sekarang hanya di takutin ama surga dan neraka tapi tidak di kenalin sama sejatinya diri
ReplyDeleteUNTUK APA TIRAKAT,PUASADAN BERDOA HANYA UNTUK NAFSU HEWANI,,,ALLAH AJA SUDAH MEMFASILITASI KEBUTUHAN KITA
ReplyDeletesegala sesuatunya itu terjdi pada diri kita sendiri
ReplyDeleteAda yang bisa menjelaskan tulisan ini??
ReplyDeleteSUSUNAN KEDADEANE RAGA
1. Suwung
2. Satuhune kahanan asal dumadi alam
3. Kahanan Adhem kahanan Panas
4. Kahanan adem gegayutan kahanan panas lakune ujud alam kedadean
5. Kahanan adhem dayane adhem tepuk kahanan panas dayane panas ujud wiji asal dumadi manungsa, kakehan daya adhem ujud wiji isi kakehan daya panas ujud wiji wadah
6. Wiji manungsa gegayutan lakune alam kedadean bareng daya ujud awak–awakan urip, lanang kedunungan lakune isi, wijine putih dayane adhem awak–awakan nyawa, wadon kedunungan lakune wadah, wijine abang dayane panas awak–awakan raga
7. Tepuke wiji lanang wiji wadon dadi wiji raga, kakehen daya adhem dadi lanang kakehen daya panas dadi wadon manggon alam kandungan gegayutan bapak lan ibu sambung daya alam gumelar lawange puser nunggal nyawiji dadi gedhene wiji raga
8. Genep metu sangang wulan sepuluh dumadi ana raga kedunungan prabot lima hawa sanga budi sepuluh bebarengan sedulur papat kawah, bungkus ,ari–ari, lan marmati
• Sarine jagat gede ujud Prabot lima manggon :
- Bumi sarine ujud Wadhuk gegayutan rempelu
- Banyu sarine ujud Ginjel gegayutan temparas
- Geni sarine ujud Jantung gegayutan ati
- angin sarine ujud Paru-paru gegayutan limpa
- kedadean sarine ujud Uteg gegayutan krenteg
• Sarine srengenge ujud Budi sepuluh manggon :
1) Wulu 6) otot
2) Kuku 7) getih abang
3) kulit 8) getih putih
4) Gajih 9) balung
5) daging 10) sungsum
• Sarine Pedhut ujud Hawa sanga manggon
1) Mata 4) Kuping 7) Bun-bunan
2) Irung 5) Cangkem 8) Cepuri
3) Wewadi 6) Dubur
• Sarine rembulan ujud perbawa manggon :
- Pandulu - pangrungu - pangecap
- pangambu - pangrasa
• Sarine lintang ujud prilaku manggon uripe budi :
- uripe wulu
- uripe kuku
- uripe kulit
- uripe gajih
- uripe daging
- uripe otot
- uripe Getih abang
- uripe Getih putih
- uripe balung
- uripe sungsum
@hetmawanto wanto, kalo mau belajar dengan sungguh2 atau yg sebenar2nya, insya allah ada yg mau menjelakan, tetapi kalo hanya untuk ngetes2 saja ya, buat apa
ReplyDeleteHe, he, he, he...........
ReplyDelete@Griya Harmoni, saya dapat tulisan dari teman, dan teman saya juga dapat dari teman2 yang lain. Jadi ya sama2 gak ngerti. Mungkin di sini ada yang pernah dapat tulisan seperti itu? Bukan untuk ngetes2, hanya nanya.
ReplyDelete