6441 tahun silam, telah tertuliskan penyadaran orang Jawa mengenai realitas kejadian manusia. Dalam manuskrip kuna berjudul Layang Djooboyo yang menggunakan aksara Jawa Ngawi, diungkapkan secara gamblang kronologi kejadian manusia, sejak dalam bentuk sperma dan sel telur, hingga menjadi janin.
Berikut ini teks Layang Djobojo pada bagian Layang Kadadean:
Wejangan Kanggo Mangerteni Marang Prakelare Gusti
Hanitahake Kahuripan Kang Hana Hing Karasuh Jalma Tumitah
Pengajaran Untuk Mengerti
Kekuasaan Gusti
Menjadikan Kehidupan Jagad
Manusia
(Ini adalah Firman Gusti
mengenai kejadian manusia)
1.
Sakdurungi langit
sarta baka hana kang manggoni, Gusti luwih ndisik hanitahake wose langit kang
harane: mbulan, lintang, srengenge, kang dadi pangesehe langit.
Sebelum
langit dan bumi[1]
ada yang menempati. Gusti lebih dahulu
menjadikan isi langit[2] yang
bernama bulan, bintang, yang menjadi penunggu/penghuni langit.
2.
Banjur Gusti
hanitahake kahuripan kang diharani wasaka, kang dadi pangesehe baka.
Lalu
Gusti menjadikan kehidupan yang dinamai tumbuhan[3], yang
menjadi penunggu/penghuni bumi.
3.
Wejangan Kanggo Mangerteni Marang Prakelare Gusti
Hanitahake Kahuripan Marang Sedulur Papat
Sak wuse Gusti
hanitahake kahuripan kang dadi pangesehe baka mulya, kang diharani wasaka,
banjur Gusti hanitahake kahuripan kang tekane saka hangin, kang diharani
ngabida, kang dadi tetalange Gusti. Nganurung kahuripan kang hana hing karasuh
kiye. Semono huga ngabida kang cacahe hana papat.
1. Nduweni haran:
Notodoko.
2. Nduweni haran:
Torogono.
3. Nduweni haran:
Gokonongodo.
4. Nduweni haran:
Gonodoko.
Setelah Gusti menjadikan kehidupan yang
menjadi penghuni bumi ini, yang dinamai tumbuhan, lalu Gusti menjadikan
kehidupan yang berasal dari angin/udara yang dinamai ngabida[4], yang menjadi utusan
Gusti. Menjaga kehidupan yang ada di
jagad ini. Berikut ini ngabida yang
berjumlah empat:
1.
Memiliki nama: Notodoko
2.
Memiliki nama: Torogono
3.
Memiliki nama: Gokonongodo
4.
Memiliki nama: Gonodoko
4.
Wejangan Kanggo Mangerteni Marang Prakelare Gusti
Hanitahake Karasuh Maparasa.
------------------------------
Sak wuse Gusti
hanitahake kahuripan. Kanggone ngabida
kang cacahe hana papat, banjur Gusti hanitahake karasuh maparasa kang huga
diharani karasuh bagio, kanggone kahuripane ngabida. Huga kanggo kahuripane
ngamisa kang dadi tetalanging ngabida, kang manggon hana hing karasuh
maparasane Gusti. Huga kanggo kahuripane jalma tumitah mengkone, yen wahanane
Gusti kiyu wus tumedhan kanggone jalma tumitah. Kang bakal kinaggit dening
Notodoko, Torogono, Gokonongodo, Gonodoko.
Setelah Gusti
menjadikan kehidupan bagi ngabida yang berjumlah empat, lalu Gusti menjadikan
jagad langgeng yang juga dinamai Surga, untuk kehidupan ngabida. Juga untuk kehidupan ngamisa yang menjadi
utusan ngabida, yang (semula) bertempat di jagad langgeng Gusti. Juga untuk kehidupan manusia kelak ketika
Firman Gusti telah turun untuk manusia, yang bakal dituliskan oleh Notodoko, Torogono, Gokonongodo, Gonodoko.
5.
Wejangan Kanggo Mangerteni Marang Prakelare Gusti
Hanitahake Pandadar Kang Diharani Somoro
Bomo Huga Katurunane
------------------------------
Sak wuse Gusti
hanitahake karasuh maparasa kang dadi panggonane Notodoko, Torogono,
Gokonongodo, Gonodoko huga para ngamisa. Banjur Gusti hanitahake kahuripan kang
wiwite saka hapuy yaha kiyu tetunggule pandadar kang diharani Somoro Bomo. Lan
kiye huga bisa diharani kahuripane jalma pandadar kang wiwitan. Kang teka njaga
kahuripan hana hing baka mulya kene, saka dawuhe Gusti.
Setelah Gusti menjadikan jagad langgeng yang
menjadi tempat bagi Notodoko, Torogono, Gokonongodo dan Gonodoko, juga para
ngamisa, lalu Gusti menjadikan kehidupan yang berasal dari api yaitu induknya
pendadar manusia yang bernama Somoro Bomo.
Dan ini juga bisa dinamai kehidupan entitas pendadar yang
permulaan. Yang datang untuk menjaga
kehidupan yang ada di bumi mulya ini, karena perintah Gusti.
6.
Wejangan Kanggo Mangerteni Marang Kuwasane Somoro Bomo
Hanggaawe Karasuh Maparasa,
Huga Kang Bisa Diharani Karasuh Sara.
-----------------------------------
Sak wuse Gusti
hanitahake pandadar kang harane Somoro Bumo. Kang nduweni kuwasa sak wuse
Notodoko, Torogono, Gokonongodo, Gonodoko. Banjur Somoro Bomo ngetokake
kuwasane hangawe karasuh maparasa kanggo kahuripane jalma tumitah, kang melu
marang dalane Somoro Bomo hana hing baka mulyo kene. Banjur Gusti, hanitahake
jalma rabama.
Setelah Gusti
menjadikan pendadar bernama Somoro Bomo yang memiliki kuasa setelah Notodoko,
Torogono, Gokonongodo, Gonodoko, lalu Somoro Bomo mengeluarkan kuasanya membuat
jagad langgeng untuk tempat kehidupan manusia yang mengikuti jalan Somoro Bomo
ketika berada di bumi mulia ini. Lalu
Gusti menjadikan hewan[5].
7
Wejangan Kanggo Mangerteni Marang Prakelare Gusti
Hanitahake Jalmo Tumitah/Warang Djowo Kang
Wiwitan Teka Ngidak Baka Mulyo Kene
-----------------------------------------------
Sak wuse Gusti, hanitahake
langit lan baka sarta wose. Banjur teka wahanane Gusti kang keri dewe.
Hanitahake kahuripan kanggone Jalma Tumitah Jawa.
1. Watege kahuripan kang
nunggu, Notodoko.
2. Rasane kahuripan kang
nunggu, Torogono.
3. Pangelingane
kahuripan kang nunggu, Gokonongodo.
4. Sukmane kahuripan
kang nunggu, Gonodoko.
Banjur metu dawuhe
Gusti, kanggone Notodoko, Torogono, Gokonongodo, Gonodoko, kanggo nganggit
wahanane Gusti, hana hing Layang
DJOJOBOJO.
Setelah Gusti menjadikan langit dan bumi beserta isinya,
lalu datanglah Firman Gusti yang pamungkas.
Menjadikan kehidupan bagi manusia/orang Jawa:
- 1. Watak/Kepribadian Kehidupan yang menunggu adalah Notodoko
- 2. Rasa Kehidupan yang menunggu adalah Torogono.
- 3. Nalar Kehidupan yang menunggu adalah Gokonongodo.
- 4. Sukma Kehidupan yang menunggu adalah Gonodoko.
Lalu keluar perintah Gusti kepada Notodoko, Torogono,
Gokonongodo, Gonodoko untuk menulis Firman Gusti yang ada di Layang NATA.
8.
Wejangan Kanggo Mangerteni Marang Prakelare Gusti
Hanitahake kahuripan lan
wose kang hana hing karasuh kiye
-----------------------------------------------------------------------
1. Langit lan Baka
2. Mbulan, lintang,
srengenge.
3. Wasaka
4. Karasuh Bagio
5. Ngabida Notodoko
6. Ngabida Torogono,
7. Ngabida Gokonongodo,
8. Ngabida Gonodoko.
9. Ngabida Pandadar
Somoro Bomo
10. Somoro Bumi Ngawe
Karasuh Sara
11. Jalma Rabama
12. Jalma Tumitah/Warang
Djowo
Menjadikan kehidupan dan isinya yang ada di jagad
ini:
1.
Langit dan Bumi
2.
Bulan, Bintang,
Matahari
3.
Tetumbuhan
4.
Surga
5.
Ngabida Notodoko
6.
Ngabida Torogono,
7. Ngabida Gokonongodo,
8. Ngabida Gonodoko.
9.
Ngabida Pendadar
Somoro Bomo
10.
Somoro Bomo
Membuat Neraka
11.
Hewan
12. Manusia/Orang Jawa
[1] Langit
dan bumi di dalam layang ini, adalah simbol dari raga kita. Raga kita adalah mikrokosmos, miniatur dari
karasuh gumelar atau jagad ageng.
[2]
Langit yang dimaksud di sini adalah benih kehidupan yang bersifat maskulin
(sperma), sementara baka adalah lahan untuk tumbuh benih itu dan bersifat
feminin (sel telur). Mbulan, lintang,
srengenge adalah daya-daya atau energi semesta yang melekat pada sperma. Proses manusiawinya, daya-daya ini turun
pada kisaran jam 2-3 malam, lalu ditangkap oleh otak manusia dan terekam di
dalam sperma. Daya-daya ini pada
dasarnya adalah cahaya penyadaran, baik yang memancar dirinya sendiri (bintang,
matahari) atau memantulkannya dari benda lain (bulan).
[3]
Wasaka adalah daya tumbuh, atau daya vegetatif.
Dengan adanya daya inilah sel telur bisa menjadi lahan bagi tumbuhnya
sperma yang memasuki dan menyatu dengannya.
[4]
Ngabida ini adalah
daya-daya ketuhanan (ilahi) yang ada pada diri manusia, ini yang kemudian
dinamai sebagai sedulur papat sesungguhnya.
[5]
Jalma Rabama adalah daya kehewanan di dalam diri kita, yang termanifestasi
dalam instink untuk mempertahankan kehidupan ragawi, berupa dorongan untuk
makan, tidur, berhubungan seksual, dan semacamnya.
Post a Comment