Manuskrip kuna dari Gunung Klothok yang telah ada sejak 4436 SM menguraikan fase demi fase
pertumbuhan zygot atau janin di dalam kandungan ibu hingga tiba saatnya
terlahir ke muka bumi.
Dalam Layang Djojobojo yang menjadi bagian dari manuskrip tersebut dijelaskan sebagai berikut:
1.
Sak
durunge karasuh maparasa biyung kiyu hana kang manggoni, Gusti wus luwih disik
nggawe prawasa kanggone jalma tumitah. Banjur Gusti ngetokake prakelare nggawe
nyawa lan gatrane raga. Kang dititisake
Gusti hing karasuh maparasa biyung, nalika wong wadon kiyu mbobot hisih hanyar
- hanyaran.
Banjur nalika jabang
bayi kiyu humure harep ngancik 29 dina: Gusti ngetokake prakelare nggawe
gatrane marang jabang bayi kiyu, kang werdine jalma tumitah.
2. Banjur nalika humure
jabang bayi kiyu, harep ngancik humur 57 dina: Gusti ngetokake prakelare nggawe
gatrane rupa.
3. Banjur nalika humure
jabang bayi kiyu, harep ngancik humur 99 dina: Gusti ngetokake prakelare nggawe
gatrane: Kulit.
4. Banjur nalika humure
jabang bayi kiyu, harep ngancik humur 127 dina: Gusti ngetokake prakelare
nggawe dayane Huthek.
5. Banjur nalika humure
jabang bayi kiyu, harep ngancik humur 162 dina: Gusti ngetokake prakelare
nggawe dayane Hotot.
6. Banjur nalika humure
jabang bayi kiyu, harep ngancik humur 176 dina: Gusti ngetokake prakelare
nggawe dayane Balung.
7. Banjur nalika humure
jabang bayi kiyu, harep ngancik humur 210 dina: Gusti ngetokake prakelare
nyampurnakke gatrane: Rambut, getih, lan daging. Lan hingkang diharani
sampurnane Gusti, hanitahake jalma tumitah, deneng gatrane jabang bayi kiyu wus
sampurna.
Hamerga kiyu, kanggone
jalma tumitah kang wus luwih disik teka hing baka mulya kiye, kang Gusti dawuh:
“Matur nuwuna, marang Gusti kang handeg panguwasa, deneng gatrane jabang bayi,
kang didadekake Gusti hing karasuh maparasa biyung kiyu, wus sampurna. Lan
(nenuwuna Gusti) sirnakake bebayan kanggone jabang bayi kiyu, supaya yen jabang
bayi kiyu hucul saka karasuh maparasa biyung, hora nandang kasengsaran, hamerga
sengkalane saka Somoro Bomo. Banjur dusana bapa lan biyunge jabang bayi kiyu,
karo djopo kawilujengan.”
8. Banjur nalika humure
jabang bayi kiyu, harep ngancik humur 240 dina: Gusti ngetokake prakelare
nggawe enotuke sedulur papat huga werdine sedulur papat:
1.
Bungkus (Kuning). Werdine: [ kang nggawe kekuatan ]
2.
Getih puteh (putih). Werdine: [ welas
asih ]
3.
Ari – ari (ireng). Werdine: [ kang njaga nyawa ]
4.
Getih abang (abang). Werdine: [kang nglawan bebayan]
Banjur
sak teruse, Gusti ngetokake prakelare nggawe dununge sedulur papat kang
sayekti. Kang manggon hana hing ragane jabang bayi, kang gatrane kayane
mengkene:
1.
Notodoko. Manggon hana hing [ kulite jabang bayi ]
2.
Torogono. Manggon hana hing [ balunge jabang bayi ]
3.
Gokonongodo. Manggon hana hing [daginge jabang bayi ]
4.
Gonodoko. Manggon hana hing [getihe jabang bayi ]
9.
Banjur nalika humure jabang bayi kiyu, harep ngancik humur 8 lapan: Gusti
ngetokake prakelare, nggawe perangane rasa hulun kanggone jabang bayi kiyu, kang gatrane kaya mengkene:
1.
Wateg. Hing njerone Wateg hana [Pamasesa]
2.
Rasa. Hing njerone rasa hana [Penggalih]
3.
Panganggit. Hing njerone panganggit hana [ Pamurba]
4. Kahuripan. Hing
njerone kahuripan hana [Nyawa]
Ya Hingsun sayektine
jalma tumitah, kang dititahke Gusti sulo kang tenggil puroso, kang nggawa
kasampurnane Gusti: “Satuhu Handeg Panguwasa Gusti, hingkang paring
kasempurnane jabang bayi, hing baka mulya menika, saking prakelare
panjenengan.” Banjur hucul wahanane
Gusti kanggone Hulun, ninggalake karasuh maparasa biyung. Hucul soko dalan kang
cilik, bebarengan sampurna marang gatrane sedulur papat kang satuhu resik: “Duh
Gusti sulo kang tenggil puroso, kok kados makaten baka mulya punika?”
Kabeh mahu wus sampurna
marang hapa kang tinitah Gusti, kanggone jalma tumitah. Lan sira, jalma tumitah
hora perlu wedi, marang kahuripan hing baka mulya kiye. Hawit kahuripan sira
hing baka mulya kene hora hijen kajaba nggawa prakelare Gusti. Huga sira
ditunggu sedulur papat kang harane Notodoko, Torogono, Gokonongodo, Gonodoko,
rina klawan wengi kang dadi tetalange Gusti. Hamerga kiyu ngelingana marang
pangucape Gokonongodo, kang diutus Gusti paring warta kanggone sira jalma
tumitah Djowo. Supaya sira bisa mangerteni, lan ngelingi marang srengat kang
dadi pengapesane sira, sak mben srengate, hing srengat Joho mbengi lan Dotho
mbengi. Hawit hing srengat kiyu, sengkalane sira teka, saka Somoro Bomo, kang
ndadekake kahuripane sira hing bebayan, yen sira nglalekake marang gatrane
habang lan putih[1]. Hamerga kiyu,
ngelingana marang gatrane sira, supaya sira bisa nduweni kasampurnan marang
kahuripane sira kang ditunggu sedulur papat hing baka mulya kiye.
Artinya:
Sebelum kandungan ibu ada yang menempati, Gusti telah
terlebih dahulu membuat tatanan untuk manusia.
Lalu Gusti menunjukkan kekuasaannya membuat nyawa dan bentuk raga. Yang dititiskan Gusti di kandungan ibu,
ketika seorang perempuan itu baru saja hamil.
Lalu ketika janin itu usianya akan mencapai 29 hari,
Gusti menunjukkan kekuasaanNya membuat bentuk bagi janin, yang merupakan calon
manusia. [2]
Lalu
ketika usia janin akan mencapai 57 hari, Gusti mengeluarkan kekuasaannya
menjadikan perwajahan sang jabang bayi.[3]
Lalu
ketika usia janin akan mencapai 99 hari, Gusti menunjukkan kekuasaanNya membuat
bentuk kulit.[4]
Lalu
ketika usia janin akan mencapai usia 127 hari, Gusti menunjukkan kekuasaanNya
dengan menjadikan daya otak.[5]
Lalu
ketika usia jabang bayi akan mencapai 162 hari, Gusti mengeluarkan kekuasaanNya
menjadikan daya otot.[6]
Lalu
ketika usia janin akan mencapai 176 hari, Gusti menunjukkan kekuasaanNya
membuat daya tulang.[7]
Lalu
ketika usia janin itu akan mencapai 210 hari (6 lapan), Gusti menunjukkan
kekuasaan-Nya dengan menyempurnakan bentuk rambut, darah dan daging. Dan yang dinamakan kesempurnaan Gusti,
menjadikan manusia, pada masa ini gatra sang jabang bayi sudah sempurna. [8]
Karena
itu, bagi manusia yang telah terlebih dahulu ada di bumi ini, Gusti memberi
perintah: “Berterima kasihlah kepada Gusti Yang Maha Kuasa, karena bentuk
jabang bayi yang dijadikan Gusti di dalam kandungan ibu telah sempurna. Dan mintalah kepada Gusti agar menyirnakan
bahaya bagi sang jabang bayi itu, agar jika jabang bayi itu lepas dari kandungan
ibu, tidak menanggung kesengsaraan akibat jeratan dari Somoro Bomo. Lalu mandikanlah ibu dan bapaknya sang jabang
bayi, sembari mengucapkan kata-kata penuh daya untuk keselamatan.”
Lalu ketika usia janin akan mencapai 240 hari, Gusti akan
menunjukkan kekuasaanNya asal dari saudara empat beserta arti/kegunaan
masing-masing:
1.
Ketuban, adalah sesuatu yang memberi daya kepada manusia.
2.
Darah putih, adalah kewelasasihan.
3.
Ari-ari, adalah yang menjaga nyawa.
4.
Darah merah, adalah yang melawan bahaya.[9]
Lalu seterusnya Gusti menunjukkan kekuasaanNya membuat
tempat bagi saudara empat yang sejati.
Yang berada di raga sang jabang bayi, yang gatranya adalah sebagai
berikut:
1.
Notodoko, bertempat di kulit jabang bayi.
2.
Torogono, bertempat di tulang jabang bayi.
3.
Gokonongodo, bertempat di daging jabang bayi.
4.
Gonodoko, bertempat di nyawa jabang bayi.[10]
Lalu
ketika usia jabang bayi tersebut akan mencapai usia 8 lapan (9 bulan 10 hari),
Gusti menunjukkan kekuasaanNya membuat bagian rasa hulun bagi sang jabang bayi itu, yang gatranya adalah seperti
ini:
1. Watak,
di dalam watak ada Perangkat Pengambil Keputusan;
2. Rasa,
di dalam rasa ada Inti Rasa.
3. Nalar,
di dalam nalar ada Perangkat Pemberi Saran.
4. Kehidupan,
di dalam kehidupan ada Nyawa.
Hingsun
adalah sejatinya manusia, yang dijadikan Gusti Yang Maha Tinggi dan Tak Bisa
Dibatasi oleh apapun, yang membawa kesempurnaan Gusti: “Maha Kuasa Gusti, yang
memberi kesempurnaan pada jabang bayi di bumi ini, dari kekuasaanMu.” Lalu muncul firman Gusti kepada Hulun agar
meninggalkan kandungan ibu. Keluar dari
jalan kecil, bersama-sama secara sempurna dengan gatra saudara empat yang suci:
“Duh Gusti Yang Maha Suci, mengapa seperti demikian bumi ini?”
Semua
tadi sudah sempurna apa yang dijadikan Gusti, untuk manusia. Dan engaku manusia, tidak perlu takut
terhadap kehidupan di muka bumi ini.
Karena kehidupanmu tidak akan sendiri melainkan membawa kuasa
Gusti. Juga engkau ditunggui saudaramu
yang empat yang bernama Notodoko, Torogono, Gokonongodo dan Gonodoko yang
menjadi utusan gusti, siang dan malam.
Karena itu, ingatlah apa yang diucapkan Gokonongodo yang diutus Gusti
untuk menyampaikan berita kepada manusia Jawa.
Agar kamu mengerti dan ingat terhadap hari pengapesanmu, setiap harinya,
hari Kamis malam dan Minggu malam.
Karena di hari itu jerat-jerat kehidupanmu datang dari Somoro Bomo, yang
menjadikan hidupmu berada dalam bahaya, jika kamu melupakan gatramu yang
berwarna merah dan putih. Karena itu
ingatlah akan gatramu supaya engkau meraih kesempurnaan dalam hidupmu di muka
bumi ini yang ditunggui saudara empat.”
Dari paparan manuskrip di atas, bisa dimengerti tentang kronologi kejadian
manusia: melalui persetubuhan antara perempuan dan laki-laki, terjadilah
pertemuan antara sperma dan sel telur yang bermuara pada pembuahan. Setelah pembuahan sempurna, terbentuklah
janin atau jabang bayi. Janin atau
jabang bayi ini memiliki nyawa sekaligus membentuk kepribadian sendiri yang
berbeda dengan orang tuanya, termasuk ibunya.
Dan kepribadian tersendiri inilah yang disebut hulun. Selama di dalam kandungan, berbagai perangkat
dari hulun atau sang aku ini, disiapkan secara bertahap hingga mencapai titik
kesempurnaan. Lalu, ketika bayi
dilahirkan dan mulai menghirup udara, masuk dan bersenyawalah di dalam raga
bayi itu pengejawantahan dari Gusti yang bernama Hingsun (Aku Sejati) dengan 4
kuasa yang mengiringinya (para ngabida: Notodoko, Torogono, Gokonongodo dan
Gonodoko). Hingsun kemudian bersingasana
di telenging manah manusia, dan 4 kuasa
Gusti yang mengiringinya bertahta dalam wadah yang telah disiapkan
selama manusia berada di dalam kandungan : kulit, tulang, daging, dan darah.
Sehingga bisa dinyatakan, di dalam kandungan, telah terbentuk sang aku
(hulun), tetapi sang aku tersebut belumlah memiliki kesadaran ketuhanan yang
penuh karena belum memiliki Hingsun
(dipadankan dengan konsep dalam tradisi Ibrani, ini adalah adam
primordial). Barulah ketika sang jabang
bayi menghirup udara pertama, ia memiliki Hingsun dan menjadi manusia
berkesadaran ketuhanan. Seiring dengan
perjalanan hidupnya, sang jabang bayi ini bisa memilih untuk menjadi atau tidak
menjadi manusia dengan kesadaran ketuhanan yang penuh (jalma tumitah kang sampurna, dalam bahasa Ibrani disebut adam
katmon).
[1]
Gatrane habang lan putih berarti kewelasasihan dan semangat untuk menjadi
sempurna.
[2]
Pada minggu ke-4 proses pembuahan telah tuntas dan terbentuklah sebuah embrio
atau janin. Dan janin ini telah
membentuk struktur manusia. Pada saat
inilah pembentukan otak, tulang belakang, jantung serta aorta (urat yang
membawa darah ke jantung), telah mulai terjadi.
Demikian, pada fase ini bisa dinyatakan bahwa calon manusia telah
menjadi ada di dalam kandungan ibu, dan seorang perempuan dinyatakan hamil atau
mengandung.
[3]
Pada usia 8 minggu, ujung hidung dan kelopak mata mulai berkembang. Lubang hidung, bibir, mulut, serta lidah juga
mulai terbentuk. Mata juga sudah
kelihatan, berada di bawah mempran kulit.
Itu semua membuat wajah bayi mulai terbentuk, mulai memiliki rupa. Anggota tangan dan kaki juga telah terbentuk
walau belum sempurna.
[4]
Tiga bulan setelah pembuahan, kulit bayi mulai terbentuk, tetapi belum kuat
karena belum tersedia lapisan lemak. Pada fase ini, leher bayi
semakin panjang dan kuat. Lanugo, rambut halus yang tumbuh di seluruh tubuh dan
melindungi kulit mulai tumbuh.
[5] Pada fase ini, ketika akan memasuki
minggu ke-15, daya otak mulai
bekerja. Ini ditandai dengan mulai
berfungsinya kemampuan mendengar pada jabang bayi. Ia bisa terkejut jika mendengar suara
keras. Mata bayi mulai berkembang, dan
ia bisa mengetahui cahaya jika ada sinar yang menerpa perut ibu. Otak bayi juga telah mencapai jutaan saraf
motorik sehingga bayi mulai mampu membuat gerakan sadar seperti menghisap
jempol.
[6]
Ketika bayi akan memasuki masa 24 minggu dalam kandungan, lengan, jari tangan, serta kaki dan jari kaki
sudah terbentuk cukup sempurna, daya otot mulai bekerja secara utuh. Bayi bisa menggerakkan kaki dan tangan. Bayi terlihat seperti memiliki kebiasaan
berolahraga dengan menggerakkan otot jari-jari tangan, jari-jari kaki, lengan
dan kaki secara teratur.
[7]
Pada fase ini yaitu ketika bayi akan memasuki minggu ke-26 di kandungan, daya
tulang mulai bekerja. Tulang mulai
mengeras, dan sang bayi semakin menjadi kuat.
Garis di sekitar mulut bayi sudah mulai membentuk dan fungsi menelan
semakin membaik.
[8]
Raga bayi pada fase ini, pada masa 7 bulan di kandungan, telah mencapai
kesempurnaan bentuk. Berbagai perangkat
raga telah terbentuk, hanya tinggal menunggu kematangan. Jika sang jabang bayi terlahir ke dunia pada
fase ini, ia kemungkinan besar bisa bertahan hidup.
[9]
Darah Putih, Ketuban, Ari-ari, Darah Marah, adalah simbol dari unsur semesta
dan cahaya-cahaya energi kosmik yang membentuk perangkat kemanusiaan.
1.
Ketuban adalah simbol dari air, berwarna kuning,
membangun eros atau hasrat akan keindahan serta menumbuhkan daya/kekuatan, atomnya
adalah proton, dan membentuk karakter koleris.
Dalam pasaran Jawa, disebut Pon.
2.
Darah putih adalah simbol dari angin/udara,
berwarna putih, membangun kewelasasihan dan kecenderungan spiritual di dalam
diri manusia, atomnya adalah elektron, membentuk karakter plegmatis. Dalam pasaran Jawa disebut Legi.
3.
Ari-ari, adalah simbol dari tanah, berwarna
hitam, membangun dorongan ego/instink/kebutuhan, sehingga dengan dorongan ini
manusia bisa bertahan hidup atau tetap bernyawa, atomnya adalah proton. Membentuk karakter melankolis. Dalam pasaran Jawa disebut Wage.
4.
Darah merah adalah simbol api, berwarna merah,
membangun greget atau semangat, atomnya adalah elektron, membentuk karakter
sanguinis. Dalam pasaran Jawa disebut
Pahing.
[10]
Notodoko, Torogono, Gokonongodo dan Gonodoko adalah kuasa-kuasa Gusti yang ada
di dalam diri manusia, dengan rincian sebagai berikut:
1.
Notodoko bertahta pada kulit, bertanggung jawab
terhadap watak atau kesadaran manusia.
Kesadaran sendiri berfungsi sebagai bagian pengambil keputusan di dalam
diri manusia. Disimbolkan oleh telunjuk,
dan pintunya adalah mata.
2.
Torogono bertahta pada tulang, bertanggung jawab
terhadap rasa manusia. Rasa ini
berfungsi sebagai perangkat sensor terhadap berbagai realitas yang dihadapi
manusia, mulai dari yang memiliki getaran kasar hingga getaran halus. Disimbolkan oleh jari tengah, dan pintunya
adalah hidung.
3.
Gokonongodo bertahta pada daging, bertanggung
jawab terhadap nalar manusia. Nalar ini
berfungsi sebagai perangkat analisa dan pengolah terhadap data yang dicerap
oleh rasa. Simbolnya adalah jari manis
dan pintunya adalah mulut.
4.
Gonodoko bertahta pada darah, bertanggung jawab
pada nyawa manusia. Nyawa ini adalah
sumber power atau sumber daya yang memungkinkan seluruh perangkat kemanusiaan
bisa bekerja. Simbolnya adalah jari
kelingking dan pintunya adalah telinga.
Post a Comment